Selasa, 10 Desember 2013

IPS Kelas 3 Sekolah Dasar Kerja Sama

KERJASAMA

Pernahkah kalian piket membersihkan kelas? Tujuan piket kelas agar kelas menjadi bersih. Piket kelas biasanya dilaksanakan bersama-sama. Kalau kamu menyapu ruang kelas sendiri, kamu akan kelelahan. Kelas juga akan bersih dalam waktu yang lama. Untuk bias membersihkan ruang kelas dengan cepat, kamu harus bekerja sama dengan teman-teman satu kelompok piketmu.
Pernahkah kamu melihat pertandingan sepak bola? Kalau kamu bermain sepak bola, kamu tentu ingin memasukkan bola ke gawang lawan. Untuk bias mencetak gol, kamu harus bekerja sama dengan teman satu timmu.
Melakukan tindakan bersama orang lain disebut kerja sama. Orang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Syarat melakukan kerja sama

Bagaimana agar kerja sama bisa berhasil dengan baik? Tujuan kerja sama bisa tercapai dengan sukarela. Kerja sama juga bisa tercapai jika kerja sama saling menguntungkan. Adapun syarat melakukan kerja sama adalah berikut ini.
1. Sukarela
Apakah sukarela itu? Mau melakukan kerja sama tanpa dipaksa dinamakan sukarela. Kerja sama yang baik harus berdasarkan sukarela. Kerja sama dengan paksaan maka tidak baik. Orang yang dipaksa kerjanya malas-malasan. Pernahkah kamu dipaksa melakukan sesuatu? Bagaimana perasaanmu? Kamu malas, bukan? Dalam bekerja sama harus tanpa paksaan. Bagaimana agar dapat bekerja sama secara sukarela? Jika ingin mengajak orang lain bekerja sama, ajaklah dengan baik. Jangan memaksakan kehendak kepada orang lain.
2. Saling Menguntungkan
Kerja sama akan berhasil baik jika saling menguntungkan. Semuanya merasa untung. Tidak ada yang merasa dirugikan. Semua orang mendapat bagian tugasnya. Pekerjaan dibagi dengan rata. Bagaimana jika pekerjaan tidak dibagi rata? Tentunya ada yang akan merasa keberatan, bukan?

Manfaat Melakukan Kerja Sama

Perkerjaan pun terasa ringan. Karena dilakukan bersama, maka pembangunan tersebut cepat selesai.
Kerjasama dalam hal yang positif tentunya memberikan manfaat. Secara umum manfaat kerjasama tersebut antara lain:
1. bisa saling mengenal
2. mempererat persaudaraan
3. meningkatkan rasa kebersamaan
4. membina kerukunan antarwarga
5. mempererat persatuan warga

Bentuk-bentuk kerjasama
Tetangga kita seperti saudara kita. Apalagi jika kita tinggal jauh dari saudara. Jika kita sedang kesusahan, kita bisa minta tolong pada tetangga kita. Begitu juga jika tetangga kita kesusahan, kita harus  membantu mereka. Kita harus bisa bekerja sama dengan tetangga kita. Ada beberapa bentuk kerja sama yang bisa kita lakukan bersama tetangga.

1. Membantu Tetangga
Sesama tetangga harus saling menolong. Jika kita berbuat baik pada hari ini, suatu saat kita akan ditolong. Banyak perbuatan baik untuk membantu tetangga. Saat tetanggamu punya keperluan kamu dapat membantu.
2. Gotong Royong
Pada suatu hari hujan lebat. Sebuah pohon tumbang menimpa rumah Pak Made. Atap rumah Pak Made rusak. Semua warga dating membantu memperbaiki atap rumah Pak Made. Warga laki-laki berdatangan dengan membawa berbagai peralatan. Semua membantu memperbaiki atap rumah Pak Made. Akhirnya rumah Pak Made selesai diperbaiki.
Cerita di atas merupakan contoh gotong royong. Gotong royong merupakan pekerjaan yang dilakukan secara bersama. Dengan bergotong royong pekerjaan cepat selesai. Dengan bergotong royong semangat persaudaraan, persatuan, dan kesatuan dapat terus terjalin. Gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia.
3. Kerja Bakti
Pada tanggal 17 Agustus kita merayakan kemerdekaan Indonesia. Pak Tono selaku ketua RT 5/RW 12 memberitahukan bahwa hari Minggu ada kerja bakti. Semua warga akan membersihkan jalan. Sudah lama jalan tidak dibersihkan. Banyak rumput tumbuh di jalan. Pada hari Minggu, warga laki-laki berkumpul di sepanjang jalan. Ada yang membawa sabit. Ada yang membawa cangkul. Semua warga membersihkan rumput. Rumput-rumput dicabuti Ibu-ibu menyediakan aneka makanan. Ada juga berbagai minuman. Tepat pukul 12 siang, pekerjaan selesai. Sebelum pulang, warga menikmati makanan yang telah disediakan. Sekarang jalan-jalan di RT 5 terlihat bersih.
4. Siskamling
Lingkungan tempat tinggal yang aman sangat dibutuhkan. Lingkungan yang aman akan menjadikan hidup nyaman. Siapa yang menjaga keamanan lingkungan? Bagaimana agar lingkungan kita aman? Keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab warga masyarakat. Kita bisa menjaga keamanan dengan ronda malam. Ronda malam dilakukan oleh semua warga secara bergiliran. Bagaimana dengan siang hari? Apakah tidak perlu dijaga? Di siang hari, warga juga harus menjaga keamanan. Jika ada orang yang mencurigakan, laporkan kepada ketua RT setempat.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar